Sejarah Suku Indian Amerika dan Macam Macam Suku Indian

By | September 7, 2014

Suku Indian Amerika adalah pemukim pertama Amerika Utara datang dari Asia lebih dari 20.000 tahun lalu. Karena mengikuti hewan buruan, mereka mengembara melewati Selat Bering (dulu tanah genting, kini pemisah titik paling timur Benua Asia dan titik paling barat Benua Amerika). Lambat laun mereka menetap dan berkembang menjadi berbagai suku. Berabad-abad mereka membangun masyarakat teratur. Pada abad ke-16, orang Eropa tiba di Amerika Utara untuk pertama kali. Karena mengira tiba di India (Asia), mereka secara keliru menyebut penduduk asli itu orang “Indian”. Orang Eropa menginginkan tanah. Karena itu keberadaan penduduk asli terancam. Kaum Indian lalu bertempur melawan para pemukim baru. Pada abad ke-19, suku Indian melawan pemerintah Amerika Serikat yang berusaha menggusur mereka. Lewat perjuangan sengit, kaum Indian dipindahkan ke reservat, daerah khusus buat mereka. Hingga kini banyak orang Indian masih hidup di sana.
Sebuah tim peneliti internasional menemukan penduduk asli Amerika terdiri dari tiga kelompok migran yang berasal dari Asia. Mereka tiba ke Amerika dalam tiga gelombang migrasi besar menyeberangi jembatan darat 15 ribu tahun lalu.
Penduduk asli Amerika utara terdiri atas banyak suku. Mereka umumnya hidup dari berburu, memancing dan bertani. Suku-suku terkenal di antaranya adalah Cheyenne, Comanche, don Sioux yang hidup di Great Plains; Apache, Navajo, dan Pueblo, yang hidup di daerah baratdaya; dan Iroquois, Huron, dan Cherokee, yang hidup di daerah timur.
Temuan yang diterbitkan dalam jurnal Nature menunjukkan semua kelompok awalnya berasal dari Siberia, lalu melewati Beringia, sebuah jembatan tanah yang menghubungkan benua Asia dan Amerika selama zaman es. Kini jembatan darat ini sudah tidak ada dan menjelma menjadi Selat Bering.
Kelompok migran pertama yang dikenal sebagai “First Americans” menghuni sebagian besar wilayah Amerika utara dan selatan. Disusul dua kelompok berikutnya yang menghuni wilayah yang sama. DNA dari kelompok kedua dan ketiga masih dapat ditemukan pada penduduk asli Amerika saat ini.
Dengan mempelajari variasi urutan DNA penduduk asli Amerika, tim peneliti menemukan sebagian besar mereka berasal dari kelompok migran pertama. Sementara dua migrasi berikutnya berperan penting menambah variasi genetik.
“Penduduk asli Amerika tidak berasal dari migrasi tunggal,” kata Profesor Andres Ruiz-Linares, pemimpin penelitian dari University College London, Selasa 17 Juli 2012. “Penelitian ini sekaligus menguak pola penyebaran manusia di Amerika.”
Hasil analisis menunjukkan kedua populasi mewarisi materi genetik dari kelompok migran pertama alias “First Americans”.
Ini mencerminkan fakta bahwa kelompok migran kedua dan ketiga bercampur dengan kelompok pertama yang mereka temui setelah mereka tiba di Amerika utara. “Setidaknya ada tiga garis keturunan yang mendalam pada populasi asli Amerika,” kata Profesor David Reich, peneliti lain yang juga ahli genetika di Harvard Medical School.
Tim juga menemukan populasi penduduk asli Amerika menyebar dan membelah dari utara ke selatan sepanjang rute yang memeluk pantai. Divergensi ini diketahui dari aliran gen yang ada di antara kelompok-kelompok penduduk asli Amerika, terutama yang tinggal di Amerika selatan.
Analisis tim sempat diperumit dengan masuknya materi genetik dari populasi imigran Eropa dan Afrika sejak 1492 dan 500 tahun pencampuran genetik yang terjadi sesudahnya. Untungnya tim peneliti mengembangkan metode untuk mengupas campuran ini dan melacak genom penduduk asli Amerika sebelum kedatangan penduduk Eropa dan Afrika.
“Penelitian tentang penduduk asli Amerika secara teknis sangat menantang karena terjadi percampuran yang luas dengan penduduk Eropa dan Afrika,” kata Profesor Ruiz-Linares.
SUKU APACHE
Suku Apache adalah nama dari suku Indian yang berdiam di Benua Amerika. Mereka adalah suku yang kuat dan memiliki strategi perang yang handal. Selain itu, mereka adalah para Kesatria Penunggang kuda yang sangat tangguh. Bahkan mereka mengajari kuda-kudanya tentang melacak jejak musuh. Oleh karena itu, mereka sangat menghargai kuda kuda terlatih tersebut. Mereka juga merupakan orang orang yang ahli dalam melacak jejak serta memiliki penciuman dan pengrlihatan yang tajam. Suku ini bermusuhan dengan bangsa kulit putih ketika Orang Orang Barat / Westman merampok dan merusak tanah tanah mereka untuk mendapattkan emas. Dalam pertempuran melawan kulit putih mereka selalu menang. Kekalahan pertama terjadi pada tahun 1886.
Dahulu Suku Apache tinggal di barat daya Meksiko dan Arizona bagian tenggara. Baru-baru ini, mereka berpindah dari utara ke selatan Amerika. Suku ini terdiri dari beberapa kelompok utama, di antaranya adalah Mescalero, Mogollon, Coyotero, Arivaipa, Naisha, Tchishi, Faraone, Lanero, Gileno, Chiricahua, Mimbreno, dan Tchikun. Saat ini jumlah populasi suku ini yang tersisa hanya sebanyak 11.000 jiwa yang tersebar di Oklahoma, Arizona, dan New Meksiko.
SUKU SIOUX
Sioux adalah penduduk asli Amerika dan Bangsa Pertama orang-orang di Amerika Utara. Istilah ini dapat merujuk kepada satu kelompok etnis dalam Great Sioux Nation atau salah satu dari yang banyak bahasa dialek bangsa itu. Sioux terdiri atas tiga divisi utama berdasarkan Siouan dialek dan subkultur:
  • Isáŋyathi atau Isáŋathi (“Pisau,” berasal dari nama sebuah danau di sekarang Minnesota ) :berada di timur ekstrim dari Dakota , Minnesota dan utara Iowa , dan sering disebut sebagai Santee atau Timur Dakota.
  • Iháŋkt ȟ uŋwaŋ dan Iháŋkt uŋwaŋna ȟ (“Desa-di-the-end” dan “kecil desa-di-ujung”):berada di Sungai Minnesota daerah, mereka dianggap sebagai Sioux menengah, dan sering disebut sebagai Yankton dan Yanktonai, atau, secara kolektif, sebagai Wičhíyena ( endonym ) atau Dakota Barat (dan telah keliru diklasifikasikan sebagai ” Nakota ” ).
  • Thit ȟ uŋwaŋ atau Teton (tidak pasti, mungkin “penghuni di Prairie”; nama ini adalah kuno antara pribumi, yang lebih memilih untuk menyebut diri Lak ȟ Ota ) Sioux barat, yang dikenal untuk berburu dan budaya mereka prajurit, sering disebut sebagai yang Lakota .
  • Saat ini, Sioux mempertahankan terpisah pemerintah banyak suku yang tersebar di beberapa pemesanan, masyarakat, dan cadangan di Dakota, Nebraska , Minnesota, dan Montana di Amerika Serikat, dan Manitoba dan selatan Saskatchewan di Kanada .

Macam Macam Suku Indian

Bangsa Creek adalah suku-bangsa yang dominan yang terdapat di daerah bagian “tengah-ke-selatan” yang selanjutnya dikenal sebagai Peradaban Lima Bangsa. Mereka dikenal dalam bahasa mereka sebagai Muskoke atau Muskoge, akan tetapi oleh suku-bangsa Shawnee mereka dipangil Humaskogi, oleh suku-bangsa Delaware mereka dipanggil Masquachki dan oleh bangsa Inggris mereka dipanggil Ochese Creek Indians sampai sekarang ini. Nama mereka diadaptasi dari grup bahasa mereka sendiri dan bagi suku-bangsa Muskogee, Oklahoma merupakan kota utama di tanah Indian.
Bangsa Cherokee merupakan suku-bangsa terbesar di daerah bagian tenggara dan merupakan yang paling dahulu beradaptasi pada peradaban Eropa. Nama mereka disebut sebagai Tsalagi di dalam bahasa mereka. Oleh bangsa Choctaw mereka dipanggil Chalakki dimana bahasa Chalakki ini merupakan bahasa yang digunakan dalam perdagangan di daerah bagian tenggara.
Bangsa Navajo merupakansuku bangsa terbesar di Amerika Serikat dengan jumlah populasi sebanyak 200,000 orang yang mendiami daerah terbesar yang diperuntukkan bagi Native Americans seluas 17 juta hektar di negara bagian Arizona, Utah dan New Mexico. Kata Navajo diambil dari bahasa Spanyol yang berarti “orang dengan lapangan yang besar”. Pada masa kedatangan bangsa kulit putih, mereka telah mengembangkan pertanian walau masih dalam skala yang kecil dibandingkan dengan suku-bangsa Hopi dan suku-bangsa Pueblo.
Bangsa Zuni seperti halnya dengan bangsa Hopi, berbeda dengan bangsa Pueblo tapi ada ikatan dalam kultur mereka. Ketiga grup yaitu Zuni, Hopi dan Pueblo memiliki karakteristik yang sama. Pertama mereka bertempat tinggal di pueblos (dalam bahasa Spanyol berarti desa) dimana sering kali letak rumah mereka bersebelahan dan kadang kala bertingkat seperti halnya kompleks apartemen yang modern. Bangsa Pueblo berdiam di satu desa sedangkan bangsa Hopi dan Zuni mendiami beberapa desa tapi tidak semua anggotanya tinggal di desa.
Bangsa Hopi. Nama mereka berasal dari hopitu yang berarti “orang damai”. Mereka berasosiasi dalam tradisi dan budaya dengan bangsa Zuni dan bangsa Pueblo. Mereka semuanya bertempat tinggal di desa atau kota dalam gedung bertingkat. Nama pueblo diambil dari bahasa Spanyol yang berarti juga “orang”. Bangsa Hopi adalah keturunan dari bangsayang bermigrasi ke barat daya pada 1000 tahun sebelum Masehi. Pada tahun 700 mereka telah mengembangkan pertanian dengan menanam jagung, kacang, labu, ketela dan kapas. Pada tahun 1100 mereka meninggalkan rumah gubuk mereka untuk berpindah ke rumah bertingkat dan membangun kota di Oraibi dan Mesa Verde.
Suku Yavapai Sejak dari jaman prasejarah, Bangsa Yavapai hidup sebagai pemburu dan hanya sesekali mengerjakan pertanian di lebih dari sembilan juta hektar tanah di bagian tengah dan barat dari Negara bagian Arizona. Ketiga grup utama dari bangsa Yavapai mengadakan hubungan yang sangat baik diantara mereka dan sekarang ini umumnya mereka berlokasi di Ft. McDowell, Camp Verde dan Prescott. Bangsa Yavapai terkenal dengan kepandaian mereka dalam membuat keranjang dimana hasil kerajinan ini dapat di lihat di banyak museum.
Suku Kiowa Nama Kiowa diambil dari kata kai-gwa yang berarti “orang utama” dan lagenda mengatakan bahwa mereka berasal dari pinggiran Yellowstone River di bagian tengah negara bagian Montana. Pada abad ke-18 setelah mereka memiliki kuda, mereka berpindah ke daerah dataran untuk berburu banteng. Ketika itu mereka membuat persekutuan dengan bangsa Kiowa-Apache begitu juga dengan musuh mereka yang lalu, Comanche yang merupakan basis dari pada Kiowa-Comanche Reservation yang dibentuk dalam daerah Indian pada tahun 1892. Kiowa dikenal suka menulis dan menyimpan sejarah mereka. Arsip sejarah disimpan dalam bentuk calendar foto di kulit banteng dan di-update setahun dua kali – pada musim dingin dan musim panas.
Suku Pawnee Nama Pawnee berasal dari Caddoan pariki yang berarti “tanduk” yang umumnya dipakai di atas kepala. Pawnee hidup di desa-desa seperti halnya suku-bangsa Mandan. Mereka mengerjakan pertanian tapi juga berburu banteng. Agama mereka sangat kompleks yang terkait dengan daerah lainnya termasuk mengadakan upacara pengorbanan wanita guna mengharapkan panen yang melimpah
Suku Iroquois, Iroquois (diucapkan / ɪrəkwɔɪ / ), juga dikenal sebagai Haudenosaunee atau “Orang-orang dari rumah panjang “, adalah sebuah asosiasi dari beberapa suku penduduk asli Amerika Utara. Setelah berbahasa masyarakat Iroquoian bersatu sebagai suku yang berbeda, berdasarkan kebanyakan di zaman sekarang bagian utara negarabagian New York tengah dan, pada abad ke-16 atau sebelumnya mereka datang bersama dalam sebuah asosiasi yang sekarang dikenal sebagai Liga Iroquois, atau “Liga Perdamaian dan Power “. The Iroquois asli Liga sering dikenal sebagai Lima Bangsa, seperti yang terdiri dari Mohawk , Oneida , Onondaga , Cayuga dan bangsa-bangsa Seneca . Setelah Tuscarora bangsa bergabung dengan Liga pada tahun 1722, yang Iroquois dikenal sebagai Enam Negara. Liga diwujudkan dalam Dewan Grand, majelis keturunan lima puluh sachems .
Ketika Eropa pertama tiba di Amerika Utara, Iroquois didasarkan pada apa yang sekarang timur laut Amerika Serikat , terutama dalam apa yang disebut hari ini sebagai bagian utara New York sebelah barat Sungai Hudson dan melalui Danau Finger daerah. Hari ini, Iroquois hidup terutama di New York, Quebec dan Ontario .
Sumber : Wikipedia Indonesia
Tag Search :
suku indian amerika,suku indian amerika,suku indian amerika islam,suku indian amerika beragama islam,suku indian amerika selatan,suku indian amerika muslim,suku indian amerika latin,kebudayaan suku indian amerika,budaya suku indian amerika,gambar suku indian amerika,suku indian di amerika sekarang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *