Pengertian dan fungsi gaya sentrifugal beserta contohnya

By | Maret 20, 2014

Gaya sentrifugal adalah gaya percepatan yang muncul secara sederhana dari percepatan rotasi kerangka acuan.

Klo contohnya (maaf klo salah) kita mengikat suatu benda dengan tali kemudian tali itu kita ayun sehingga membentuk putaran. Maka disitu akan timbul gaya sentrifugal.

Gaya sentrifugal dan gaya sentripetal muncul karena perbedaan kerangka acuan dalam melihat kedua gaya tersebut (yang sebetulnya cuma ada satu gaya saja).

Misalkan suatu benda yang diikat tali menjalani gerak melingkar horizontal pada bidang yang licin, menurut seseorang yang diam, harus ada gaya yang mempertahankan benda agar tetap bergerak melingkar. Gaya itu adalah gaya pada tali. Sesuai prinsip aksi-reaksi, pada tangan terdapat gaya tarik tali yang arahanya menuju benda, sedangkan pada benda terdapat gaya tarik tali yang sama besarnya tetapi arahnya menuju tangan (tepatnya pusat lingkaran). Gaya tali inilah yang “menjabat” sebagai gaya sentripetal.

Baca juga

Untuk contoh yang kedua, terdapat satelit geostationari yang mengitari bumi. Sesorang yang ada di bumi melihat satelit diam saja ditempat, padahal satelit setiap saat selalu ditarik menuju pusat bumi akibat pengaruh gravitasi bumi. Sesuai prinsip kesetimbangan dari Newton, jumlah gaya harus sama dengan nol. Satu-satunya gaya yang mengimbangi gaya tarik bumi adalah gaya yang arahnya menjauhi pusat bumi. Maka orang di bumi (yang kerangka acuannya sama-sama bergerak) mendefinisikan gaya ini sebagai gaya sentrifugal.

Jadi bukan berarti ada gaya tali besarnya T (arahnya ke pusat ) dan ada gaya sentrifugal yang besarnya mv²/r (arahnya menjauhi pusat lingkaran) dan langsung menerapkan hukum Newton ke 1

ΣF = 0

T – mv²/r = 0

apalagi dengan menerapkan

F_sentripetal + F_sentrifugal = 0

F_sentripetal = – F_sentrifugal

(seperti halnya F_aksi = -F_reaksi)

ini merupakan suatu “UNFORGIVEN MISTAKES” karena syarat ΣF = 0 bendanya harus diam atau GLB. Sedangkan selama gerak melingkar, arah kecepatan v selalu berubah dan tentunya benda tidak dalam keadaan setimbang. Dan gaya sentripetal dengan gaya sentrifugal bukanlah suatu pasangan gaya aksi-reaksi.

Planet bumi ditarik oleh matahari sebesar F = GmM/r²
Gaya tarik gravitasi inilah yang “dijabat” oleh gaya sentripetal. Sehingga dituliskan

F = mv²/r

GmM/r² = mv²/r

jadi jangan diinterpretasikan gaya sentrifugal mv²/r yang saling menghilangkan terhadap gaya gravitasi GmM/r²

Kesimpulan :

  • Karena hukum fisika menghendaki kerangka acuan yang tetap, maka gaya sentrifugal itu tidak pernah ada. Yang ada gaya sentripetal yang sanggup menjelaskan dengan baik prinsip-prinsip dasar mekanika sesuai hukum-hukum Newton.
  • Gaya sentripetal adalah “sebuah jabatan” yang menjamin suatu benda tetap bergerak melingkar, adapun “pelakonnya” bisa dipegang oleh gaya tali, gaya gesek, gaya gravitasi, gaya listrik statik, gaya Lorentz dan lain lain.
  • Selain gaya sentripetal, terdapat gaya khayal lain yang dinamakan gaya coriolis. Selengkapnya silakan cari di yahoo atau google.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *