Pengalaman Cara Mengobati Suara Serak Akibat Radang Tenggorokan

By | Desember 28, 2015
Pernahkah anda mengalami suara serak bahkan sampai suara hilang. Untuk mengatasi suara hilang bisa dengan cara mengistirahatkan tubuh dan puasa bicara atau bicara seperlunya saja supaya suara yang hilang dapat pulih kembali. Namun, tidak hanya diistirahatkan saja langsung sembuh. Sebaiknya juga diobati supaya proses penyembuhan lakukan secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal semakin cepat dengan tips mengobati suara hilang berikut ini.

Menghirup uap panas
Menghirup uap adri air panas juga bisa sedikit membantu meringankan suara serak anda. Karena dengan menghirup uap dari air panas, dapat mengurangi radang, mengencerkan lendir, dan juga meringankan suara serak.
Berkumurlah dengan air garam
Berkumur akan melembapkan tenggorokan, melunakkan pita suara, dan mempercepat proses pemulihan suara. Ada pula beberapa obat kumur yang dijual bebas yang bisa Anda pilih untuk berkumur yang juga membantu membunuh bakteri di tenggorokan yang mungkin menyebabkan suara Anda hilang.
Cranberi
Vaccinium Macrocarpon adalah nama latin dari buah cranberry ini. Telah digunakan oleh penduduk asli Amerika untuk mengobati masalah ginjal dan kandung kemih untuk waktu yang sangat lama. Hal ini juga telah digunakan sebagai obat untuk masalah perut serta penyakit kudis. Jus cranberry kaya akan antioksidan yang menyembuhkan tenggorokan dan hidung kondisi yang dapat menyebabkan suara serak. Anda juga bisa makan buah dari ramuan ini baik mentah atau dikeringkan untuk manfaat kesehatan.
Susu kunyit
Segelas susu panas dengan sejumput bubuk kunyit setiap malam selama sekitar satu minggu membantu dalam menyembuhkan rasa sakit yang dialami di tenggorokan.
Lemon dan Madu
Madu sebagai pemanis ketika dimasukkan ke dalam teh adalah obat yang efektif dalam menyembuhkan iritasi tenggorokan dan membersihkan lendir di tenggorokan yang menyebabkan suara anda serak. Asam sitrat dalam lemon membantu dalam membunuh kuman dan madu membantu dalam penyembuhan.
Licorice
Licorice adalah penawar rasa sakit alami dan juga memiliki sifat anti-inflamasi yang membuatnya menjadi obat herbal yang sangat efektif untuk mengatasi suara serak. Licorice juga memiliki pengaktif kekebalan tubuh dan sifat ekspektoran sehingga dapat membersihkan lendir di tenggorokan yang dapat menyebabkan suara serak. Glycyrriza glabra adalah nama botani dari tanaman ini. Licorice sangat efektif dalam mengatasi faringitis selain mampu mengatasi suara serak. Akar licorice bisa direbus dan digunakan untuk dikonsumsi untuk menyembuhkan suara serak. ramuan licorice dapat membantu untuk mengembalikan suara kembali ke keadaan normal.
Jahe
Zingiber officinale atau Zingiber Rizhoma merupakan nama latin dari tanaman ini. Jahe adalah ramuan dengan banyak sifat kuratif. Jahe juga dikenal memiliki zat antibakteri dan analgesik. Jahe juga berkhasiat membersihkan saluran microcirculatory tubuh yang meredakan kondisi seperti hidung tersumbat dan faringitis yang dapat menyebabkan suara serak. Anda dapat menghancurkan akar jahe segar menjadi pasta dan menambahkan beberapa sendok madu. Mengkonsumsi pasta ini secara teratur untuk mendapatkan manfaat dari ramuan ini. Anda juga dapat menyeduh teh jahe menggunakan akar cincang ramuan ini. Tambahkan Cardamom dan Cengkeh untuk meningkatkan efektivitas.
Pepermint
Mentha piperita adalah nama latin dari ramuan ini. Peppermint sangat membantu dalam membantu omengatasi suara serak disebabkan karena dingin atau sakit tenggorokan. Hal ini karena Peppermint mengandung bahan aktif yang disebut mentol. Menthol membersihkan apa pun lendir di hidung dan tenggorokan dan juga menenangkan iritasi di tenggorokan. Anda dapat membuat teh Peppermint menggunakan daun segar.
Minum banyak Air
Biasakan meminum cukup minum air putih minimal 8-9 gelas/hari untuk menjaga tenggorokan tetap lembab dan jauh dari kekeringan pada tenggorokan.
Bawang
Bawang memiliki sifat antibakteri yaitu akan membunuh bakteri yang menyebabkan iritasi pada tenggorokan anda. Mengonsumsi campuran dari bawang, dan madu membantu dalam menyembuhkan rasa sakit di tenggorokan.
Berkumur
Berkumur dengan air hangat yang dicampur dengan garam setiap malam selama sekitar sepuluh hari membantu dalam fungsi yang lebih baik dari tenggorokan dan membantu seseorang mencapai suara yang bagus. Hal ini biasanya dianjurkan untuk berkumur setiap hari.
Menghirup uap
Uap dengan sejumput vicks cair atau balsem harus dihirup dengan kepala tertutup dan proses ini harus diulang sampai masalah reda.
Buah Delima
Cara pertama mengatasi suara serak atau hilang, bisa menggunakan buah delima. Caranya ambil buah delima yang masih segar kemudian belah dan ambil isinya. Kunyah buah tersebut dan jangan lupa buang bijinya. Lakukan cara ini 3 kali dalam satu hari sampai anda mengalami kesembuhan.
Jeruk nipis
Cara kedua bisa menggunakan jeruk nipis. Tapi bukan hanya itu, untuk mengatasi suara serak dengan jeruk nipis, anda perllu mencampurnya dengan kecap asin. Untuk lebih lengkapnya, siapkan air dari perasan jeruk nipis satu sendok makan kemudian berikan 2 tetes kecap asin. Minum keduanya setiap hari 3 kali. Seperti diatas, lakukan cara ini sampai suara anda tidak lagi serak.
Air putih
Ketiga bisa juga menggunakan air putih. Untuk mengatasi suara serak yang ini, anda tidak perlu mencampurnya dengan bahan apapun. Jadi cukup memperbanyak minum air putih saja setiap hari itu sudah bisa dikatakan cukup.
Irit Suara
Ketika suara anda serak atau hilang, jangan banyak bicara terlalu banyak. Jadi lebih baik diam untuk mencegah menegangnya pita suara.
Makanan
Makanan disini berarti, memilih makanan yang mudah ditelan ketika mengalami suara serak. Untuk pemilihan, pilih saja bubur atau makanan lunak lain yang mudah ditelan.
Lingkungan
Untuk masalah ini, sebaiknya hindari lingkungan yang dapat memicu alergi. Misalnya saja tempat umum yang banyak mengandung asap ataupun debu. Karena jika hal itu tidak dihindari, bisa jadi suara serak anda justru semakin parah.
Jauhi rokok
Suara serak bisa terjadi karena asap rokok dan juga asa rokok bisa memperparah suara serak anda. Jadi untuk itu, sebaiknya jangan merokok atau hindari perokok yang sedang merokok. Intinya, hindari dalam keadaan apapun yang namnya asap rokok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *