Obat Tradisional DBD Demam Berdarah Ampuh

By | April 2, 2015
Penyakit demam berdarah dengue ( DBD ) ini merupakan penyakit demam akut yang disebabkan oleh virus dengue, yang masuk ke dalam peredaran darah manusia lewat gigitan nyamuk yang dikenal dengan nama Aedes Aegepty.
Penyakit ini merupakan penyakit demam akut yang disertai dengan pendarahan pada bagian tubuh, baik pendarahan luar maupun dalam seperti pada alat pencernaan. Wanita lebih rentan terhadap serangan penyakit demam berdarah terutama pada saat menstruasi.
Nyamuk Aedes aegypti sangat berbahaya. Yang lebih berbahayanya lagi mahluk ini tidak hanya menularkan penyakit DBD tetapi dapat juga menularkan penyakit Chikungunya. Seringkali, penyakit demam berdarah dengue (DBD) baru diketahui ketika sudah akut.
Berikut Gejala Penyakit Demam Berdarah :
  • Demam tinggi yang berlangsung mendadak selama 2-7 hari, biasanya demam tinggi pada DBD sekitar 38-40 oC.
  • Penurunan trombosit hingga di bawah 100.000/mm3, serta peningkatan hematocrit di atas 20 % ketika dilakukan cek darah.
  • Gejala tingkat lanjut biasanya disertai dengan mimisan pada gusi dan hidung.
  • Badan menggigil, nyeri kepala, dan nyeri ketika menggerakkan bola mata, serta nyeri di bagian punggung pada gejala awalnya.
  • Timbul bintik-bintik merah, terutama ketika dicek melalui metode uji tourniquet.
  • Tekanan darah yang tiba-tiba menurun atau ngedrop.
  • Terjadi hepatomegali atau pembesaran hati.
  • Buang air atau feses berlendir dan bercampur darah.
Berikut Beberapa Obat Tradisional Demam Berdarah :
Meniran
Meniran atau Phyllanthus Urinaria memiliki kandungan yang dapat meningkatkan trombosit darah sehingga sangat baik digunakan sebagai obat alternatif dalam mengatasi demam berdarah dengue (DBD). Di dalam Meniran terkandung zat yang disebut flavonoid yang memiliki manfaat untuk meningkatkan kadar trombosit dalam darah.
Kunyit
Sama halnya dengan Meniran, kunyit atau nama latinnya Curcuma domestica ini juga bermanfaat untuk mengobati demam berdarah. Di samping itu, kunyit juga memiliki khasiat lainnya seperti anti-mikroba, anti-virus HIV, antioksidan, anti-tumor, anti-invasi sel kanker, menghambat perkembangan tumor payudara, dan juga mengobati penyakit pencernaan.
Daun dewa
Daun dewa juga dipercaya untuk mengatasi demam berdarah. Caranya yaitu, siapkan sebanyak 30 gram daun dewa segar, kemudian rebus ke dalam 600 ml air, didihkan hingga tersisa 300 ml. Minum air rebusan daun dewa selagi hangat secara rutin 2 kali sehari.
Pepaya Gandul
Beberapa kandungan yang dimiliki oleh pepaya antara lain kontinin, miosmin, glikosida, karposid, karpain, papain. Pepaya yang lebih efektif digunakan untuk mengobati penyakit demam berdarah ialah daun Pepaya jantan (Pepaya Gandul).
Temu Ireng
Temu ireng juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit akibat kerusakan sel-sel hati yang biasanya terjadi pada penderita demam berdarah. Selain itu, Temu ireng memiliki manfaat lainnya seperti untuk mengobati luka lambung dan usus, penyakit asma, batuk, menambah nafsu makan, mencegah terjadinya obesitas, rematik, dan lainnya.
Jambu Biji
Sama halnya dengan Meniran, Jambu biji juga mengandung flavonoid yang dapat meningkatkan kadar trombosit dalam darah. Dalam daun Jambu biji terbukti mengandung tanin, minyak atsiri, dan minyak lemak. Dalam buahnya mengandung vitamin C yang tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *