Obat Sakit Gigi dan Gusi Bengkak Paling Ampuh

By | Maret 10, 2015
Radang pada gusi biasanya merupakan efek dari gigi yang berlubang dan didalamnya ada sisa makanan yang menumpuk dan menjadi kotoran sehingga menyebabkan radang pada gusi. Maka dari itu  usahakan untuk sikat gigi setelah makan dan sebelum tidur, karena dapat mencegah penumpukkan makanan pada gigi yang membuat gigi berlubang. 

Berikut obat herbal untuk mengobati rasa sakit gigi dan gusi bengkak :

Garam
Cara mengobati sakit gusi bengkak yang pertama adalah menggunakan garam. Bahan yang satu ini memang menjadi bahan makanan yang umum untuk mengobati gusi bengkak. Anda cukup menggunakan satu sendok teh garam dan mencampurnya dengan air hangat. Aduk hingga rata dan setelah itu gunakan untuk berkumur. Lakukan secara rutin minimal 3 kali dalam sehari dan Anda akan merasakan gusi bengkak sembuh dalam waktu yang cepat.

Bayam Duri
Cara pemakaian: Bakar tanaman bayam duri menggunakan alas dari genteng dan setelahnya ditumbuk hingga halus. Gunakan ramuan herbal ini seperti salep, yaitu dioleskan pada bagian gusi yang sakit.
Minyak Cengkeh
Cara mengobati sakit gusi bengkak yang kedua adalah menggunakan minyak cengkeh. Minyak cengkeh memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Apabila Anda akan menggunakan minyak ini untuk mengobati gusi bengkak secara cepat maka Anda harus menggunakan minyak cengkeh yang asli. Anda cukup mengoleskan minyak tersebut pada gusi yang sakit. Lakukan dengan rutin minimal 2 kali dalam sehari. Dalam waktu yang cepat gusi yang bengkak akan kembali normal.
Jeruk Nipis
Cara mengobati sakit gusi bengkak yang ketiga adalah menggunakan jeruk nipis. Anda cukup menggunakan jeruk nipis yang sudah matang dan setelah itu peras jeruk nipis tersebut. Tambahkan satu gelas air hangat dan aduk hingga merata. Gunakan ramuan tersebut untuk berkumur. Akan lebih baik jika Anda menggunakan ramuan ini pada malam hari sebelum tidur dan juga pada saat Anda bangun pagi.
Krokot
Cara pengobatan: Cuci kulit krokot, setelah itu rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih dan tersisa 1 gelas. Tunggu dingin, minum air sampai habis.

Menggunakan Sirih
Cara Mengobati Gusi Bengkak dengan daun sirih, Ambil 15 gram daun dan akar sereh lalu campurkan dengan 20 gram kunyit dan garam secukupnya lalu direbus dengan 500 cc, selanjutnya disaring dan airnya untuk berkumur atau bisa juga diminum.
Menggunakan Madu
Cara mengobati sakit gusi bengkak yang keempat adalah menggunakan madu. Madu adalah bahan makanan yang memiliki banyak manfaat. Dalam madu terdapat zat yang bisa membuat pembengkakan menjadi reda. Apabila Anda akan menggunakan madu untuk mengatasi gusi bengkak Anda cukup mengoleskan madu tersebut pada bagian gusi yang sakit. Oleskan minimal 3 kali dalam sehari dan setelah itu Anda akan merasakan gusi yang bengkak akan sembuh. Anda harus memastikan madu yang digunakan adalah madu alami.
Bawang Merah
Cara yang terakhir adalah menggunakan bawang merah. Bawang merah juga memiliki zat yang bisa meredakan pembengkakan. Anda cukup melembutkan bawang merah dan oleskan pada gusi yang sakit. Cara yang satu ini sangat ampuh. Tetapi banyak orang yang enggan untuk menggunakan cara ini karena tidak tahan dengan rasa dan bau dari bawang merah. Anda juga bisa mencampurkan bawang merah tersebut dengan garam. 

Mengunakan Lemon dan Air Hangat
Lemon dan air hangat adalah cara yang cukup ampuh, anda hanya perlu menggunakan ¼ lemon, lalu peras airnya lalu campurkan dangan ½ gelas air hangat. Kemudian kumur-kumur, lakukan cara ini 2 kali sehari maka gusi anda akan cepat sembuh dari pembengkakan.
Banyak Minum Air Putih
Perbanyaklah untuk minum air putih untuk mengurangi bakteri pada mulut dan juga anda bisa menggantikan fungsi air liur yang berkurang dengan mengonsumsi air putih dengan banyak.
Mengurangi stress
Kesehatan gigi dan gusi merupakan hal yang juga dipengaruhi oleh adanya stress. Maka dari itu kurangilah stess dan carilah waktu untuk refreshing dan menyegarkan pikiran anda. Dengan menghindari stress kesehata mulut akan menjadi lebih baik.
Memijat Gusi
Anda bisa memijat bagian gusi yang sakit dengan telunjuk jari yang bersih. Gosok gusi dengan gerakan melingkar dari awal garis gusi. Pijatan-pijatan pada gusi dapat membuat sirkulasi darah meningkat dan membantu proses penyembuhan.

Bawang Putih
Masukkan pada gigi yang berlubang ataupun oleskan pada gusi yang bengkak. Mengenai rasanya yaitu sedikit panas dan juga gimanaaa gitu terasa dilidah. tapi ini ampuh dan alami. ga uenak dikit gapapalah… Tahan sampai nyeri pada gigi reda dan waktunya relatif. maksudnya kalau masih pertama kali dan masih terbiasa memakai obat kimia biasanya agak lama. tapi kalo yang da lama cerai dengan obat kimia jika pake cara ini cepat hasilnya dan ga mudah kambuh.
Hidrogen peroksida atau baking soda
Anda juga bisa membuat obat alami kumur sendiri dengan mencampurkan air dengan hidrogen peroksida atau baking soda. Obat kumur tersebut bisa mengurangi rasa sakit di gusi. Berkumurlah beberapa dalam kali sehari untuk mencegah produksi dan penyebaran bakteri di mulut.

Kulit Andong
Kulit andong juga bisa sangat bermanfaat anda sebaiknya menyiapkan garam dapur secukupnya serta kulit dari tanaman andong. Cucilah kulit andong sampai benar-benar bersih sampai kotoran yang tertempel benar-benar hilang, anda bisa mengunyah kulit andong dan berilah garam dapur secukupnya lalu masukkan pada gusi yang sedang sakit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *