Obat Gusi Bengkak Herbal Mujarab di Mulut

By | Desember 7, 2014
Penyebab paling umum dari pembengkakan gusi adalah adanya bakteri pada plak yang menginfeksi jaringan gingiva, sehingga terjadi infeksi kemudian membuat gusi bengkak, kemerahan, mudah berdarah, kadang sakit dan pada kasus lanjut akhirnya gigi menjadi goyang bahkan lepas. Biasanya selain membengkak, gusi juga berwarna merah terang mengkilap, mudah berdarah misalnya saat menyikat gigi, dan sering kali terjadi bersamaan dengan akumulasi tartar atau kalkulus (karang gigi) di sekitar permukaan gigi yang berbatasan dengan gusi dan berikut ini adalah informasi tentang cara mengobati gusi bengkak secara alami yang selengkapnya :

Garam
Cara mengobati sakit gusi bengkak yang pertama adalah menggunakan garam. Bahan yang satu ini memang menjadi bahan makanan yang umum untuk mengobati gusi bengkak. Anda cukup menggunakan satu sendok teh garam dan mencampurnya dengan air hangat. Aduk hingga rata dan setelah itu gunakan untuk berkumur. Lakukan secara rutin minimal 3 kali dalam sehari dan Anda akan merasakan gusi bengkak sembuh dalam waktu yang cepat.
Kulit Andong
Kulit andong juga bisa sangat bermanfaat anda sebaiknya menyiapkan garam dapur secukupnya serta kulit dari tanaman andong. Cucilah kulit andong sampai benar-benar bersih sampai kotoran yang tertempel benar-benar hilang, anda bisa mengunyah kulit andong dan berilah garam dapur secukupnya lalu masukkan pada gusi yang sedang sakit.
Bawang Merah
Cara yang terakhir adalah menggunakan bawang merah. Bawang merah juga memiliki zat yang bisa meredakan pembengkakan. Anda cukup melembutkan bawang merah dan oleskan pada gusi yang sakit. Cara yang satu ini sangat ampuh. Tetapi banyak orang yang enggan untuk menggunakan cara ini karena tidak tahan dengan rasa dan bau dari bawang merah. Anda juga bisa mencampurkan bawang merah tersebut dengan garam. 
Mengunakan Lemon dan Air Hangat
Lemon dan air hangat adalah cara yang cukup ampuh, anda hanya perlu menggunakan ¼ lemon, lalu peras airnya lalu campurkan dangan ½ gelas air hangat. Kemudian kumur-kumur, lakukan cara ini 2 kali sehari maka gusi anda akan cepat sembuh dari pembengkakan.
Minyak Cengkeh
Cara mengobati sakit gusi bengkak yang kedua adalah menggunakan minyak cengkeh. Minyak cengkeh memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Apabila Anda akan menggunakan minyak ini untuk mengobati gusi bengkak secara cepat maka Anda harus menggunakan minyak cengkeh yang asli. Anda cukup mengoleskan minyak tersebut pada gusi yang sakit. Lakukan dengan rutin minimal 2 kali dalam sehari. Dalam waktu yang cepat gusi yang bengkak akan kembali normal.
Jeruk Nipis
Cara mengobati sakit gusi bengkak yang ketiga adalah menggunakan jeruk nipis. Anda cukup menggunakan jeruk nipis yang sudah matang dan setelah itu peras jeruk nipis tersebut. Tambahkan satu gelas air hangat dan aduk hingga merata. Gunakan ramuan tersebut untuk berkumur. Akan lebih baik jika Anda menggunakan ramuan ini pada malam hari sebelum tidur dan juga pada saat Anda bangun pagi.
Hidrogen peroksida atau baking soda
Obat kumur bisa anda buat sendiri dengan mencampurkan air dan juga hidrogen peroksida atau baking soda. Anda bisa terbantu dengan obat kumur tersebut bisa mengurangi rasa sakit di gusi. Anda bisa berkumur beberapa dalam kali sehari untuk mencegah produksi dan penyebaran bakteri di mulut.
Madu
Cara mengobati sakit gusi bengkak yang keempat adalah menggunakan madu. Madu adalah bahan makanan yang memiliki banyak manfaat. Dalam madu terdapat zat yang bisa membuat pembengkakan menjadi reda. Apabila Anda akan menggunakan madu untuk mengatasi gusi bengkak Anda cukup mengoleskan madu tersebut pada bagian gusi yang sakit. Oleskan minimal 3 kali dalam sehari dan setelah itu Anda akan merasakan gusi yang bengkak akan sembuh. Anda harus memastikan madu yang digunakan adalah madu alami.

Banyak Minum Air Putih
Perbanyaklah untuk minum air putih untuk mengurangi bakteri pada mulut dan juga anda bisa menggantikan fungsi air liur yang berkurang dengan mengonsumsi air putih dengan banyak.
Mengurangi stress
Kesehatan gigi dan gusi merupakan hal yang juga dipengaruhi oleh adanya stress. Maka dari itu kurangilah stess dan carilah waktu untuk refreshing dan menyegarkan pikiran anda. Dengan menghindari stress kesehata mulut akan menjadi lebih baik.
Pijatan Gusi
Anda bisa melakukanpijatan gusi pada gusi anda dengan menggunakna jari telunjuk dan memijat gusi yang bengkak dengan gerakan melingkar dan juga berulang-ulang. Namun pastikan untuk menggunakan tangan yang bersih agar tidak memicu bakteri lain pada mulut anda.
Sikat Gigi Teratur
Jangan lupa menyikat gigi secara teratur untuk menjaga kebersihan mulut dan membantu proses penyembuhan yang lebih cepat.
Menggunakan sirih
Cara Mengobati Gusi Bengkak dengan daun sirih, Ambil 15 gram daun dan akar sereh lalu campurkan dengan 20 gram kunyit dan garam secukupnya lalu direbus dengan 500 cc, selanjutnya disaring dan airnya untuk berkumur atau bisa juga diminum.
Minyak cengkeh dan lada hitam
Minyak cengkeh merupakan obat-obatan tradisional yang digunakan sejak dulu kala dalam mengobati infeksi gusi bengkak. Caranya dengan mengusapkan minyak cengkeh dengan sedikit lada hitam untuk membantu meredakan rasa sakit pada gusi.
Tag Search :
obat gusi bengkak,obat gusi bengkak,obat gusi bengkak di apotik,obat gusi bengkak alami,obat gusi bengkak dan bernanah,obat gusi bengkak bernanah,obat gusi bengkak karena gigi berlubang,obat gusi bengkak untuk ibu menyusui,obat gusi bengkak tradisional,obat gusi bengkak apa,obat gusi bengkak anak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *