Obat Flu dan Pilek Apotik dan Tradisional Ampuh dari bahan herbal

By | Januari 8, 2015
Pada cuaca yang tidak menentu hujan panas sistem kekebalan tubuh yang menurun, kurangnya konsumsi air, dan kelelahan merupakan pemicu utama dari penyakit Flu (Influenza) dan Pilek (Common Cold).

Flu adalah infeksi virus yang terjadi pada alat pernafasan seperti hidung, tenggorokan dan paru-paru, sehingga mempengaruhi kerja hidung, tenggorokan dan yang paling jarang terjadi, paru-paru. Gejala paling umum dari sakit flu dan pilek adalah demam, sakit kepala, batuk, hidung tersumbat dan bersin-bersin. Kadang tidak semua gejala flu anda derita, hanya gejala sebagian saja. Oleh karena itu perlu pemilihan obat sakit flu yang rasional agar sesuai dengan gejala yang diderita.

Obat Apotik Pilek dan Flu yang sering ditemui di apotik terdekat.
  • TREMENZA
  • Mextril
  • Inza
  • Procold
  • Refagan
  • Fludane
  • Sanaflu
  • Mixagrip
  • Tamiflu
Tips Trik dan Obat Flu dan Pilek Tradisional Ampuh dari bahan herbal yang dapat kita jumpai di sekitar kita :

Perbanyak asupan cairan
Obat terbaik untuk menyembuhkan influenza adalah dengan mengkonsumsi banyak air. Anda bisa minum air biasa hangat, sayur yang berkuah seperti sup kaldu ayam, dimana merupakan cairan yang efektif sekaligus untuk meredakan gejala flu. Kompres dingin pada dahi juga bisa dilakukan untuk menurunkan demam akibat flu jika perlu.
Seng (Zinc)
Zinc adalah mineral penting yang selalu dibutuhkan oleh tubuh. Zinc dapat diperoleh dari makanan yang kaya akan zinc seperti Kacang, buncis,  seafood, daging, telur dan kedelai. Makanan yang mengandung banyak zinc berguna untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yang pada akhirnya akan mengurangi gejala pilek dan flu.
Bawang putih
Bawang putih memiliki senyawa kimia yang bersifat antibiotik yang kuat, sehingga menawarkan kemampuan antivirus alami.  Bawang putih juga diketahui dapat meningkatkan sirkulasi darah, sehingga akan membantu pengiriman nutrisi penting lebih cepat keseluruh sel-sel tubuh. Sertakan bawang putih dalam makanan ada. Bisa juga Makan bawang putih mentah saat perut kosong di pagi hari .
Kunyit
Kunyit termasuk bahan alami yang baik untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melancarkan peredaran darah serta antioksidan. Ambil secangkir susu hangat, yang dicampur dengan perasan kunyit+sesendok makan madu dan diminum 3 kali sehari. Kunyit juga tidak hanya akan mencegah gejala yang timbul karena influenza, ia juga akan mengaktifkan fungsi hati.
Madu 
Madu merupakan Obat Flu Alami yang bagus, menurut penelitian madu dapat membantu meringankan iritasi pada tenggorokan dan mengandung antioksidan dan anti bakterial. Madu juga terbukti meringankan batuk dan membantu tidur pulas pada anak-anak berusia satu tahun ke atas. Caranya campur 2 sedok madu asli ke segelas air hangat lalu diminum 15 menit sebelum makan atau sebelum tidur.
Madu obat flu
Jeruk Lemon (Vitamin C)
Jeruk Lemon berbeda dengan Jeruk nipis, terkadang orang salah menafsirkan jeruk lemon adalah jeruk nipis. Kami sudah meriset bahwa jeruk lemon jauh lebih berkhasiat dari jeruk nipis meskipun sama-sama memiliki Vitamin C yang tinggi. Memang berdasarkan penelitian baru vitamin c hanya mampu mencegah flu biasa dan mengurangi reaksi gejala-gejala flu. Namun meski demikian vitamin c tetap bermanfaat untuk melawan flu dan batuk. vitamin C alami bisa didapat dari jeruk lemon, Cara meminumnya campur 2 sedok perasan jeruk lemon ke segelas air hangat lalu diminum 2 jam sebelum makan atau sebelum tidur. lebih baik lagi jika dicampur dengan Madu.
Ginseng
Ginseng dianggap sebagai suplemen herbal yang populer. Banyak manfaat dari ginseng ini mulai dari memperbaiki ingatan, memperbaiki konsentrasi, kelelahan, masalah yang berkaitan dengan penuaan, depresi ringan dan bahkan untuk ibu setelah melahirkan. Kandungan dalam ginseng meningkatkan sistem imun tubuh, untuk itu tak salah jika ginseng disebut berkhasiat sebagai obat flu.
Zat Besi
Zat besi merupakan mineral esensial yang dibutuhkan lebih dari 300 enzim yang ada di dalam tubuh. Zat besi dapat Anda temukan pada makanan seperti daging, hati, seafood dan telur. Saat ini juga sudah tersedia dalam bentuk pil dan sirup. Kenapa zat besi bermanfaat? Zat ini memiliki efek menguatkan sistem imun tubuh, mood, kehidupan seks dan kesehatan yang berhubungan dengan pernafasan. Saat Anda mendapatkan gejala-gejala flu awal, tambahkan asupan zat besi dalam diet Anda. Sebagai bonusnya, zat besi ini dapat sedikit membantu menurunkan gejala flu.
Jahe
Jahe dipercaya sejak dulu kala sebagai obat tradisional China dalam memerangi gejala flu. Dalam pengobatan India, ayurveda juga dipercaya hal yang sama. Jahe panas ditambah jeruk nipis dan madu bisa dijadikan minuman di saat hujan. Tapi bagi yang baru menjalani operasi,sebaiknya hindari minum jahe selama dua minggu.
Jahe obat flu
Bawang Putih
Bawang putih dipercaya memiliki banyak manfaat. Allicin adalah yang paling ampuh melawan flu. Menurut studi kandungan allicin dalam bawang putih dapat mengurangi resiko terjangkit flu dan menyembuhkan sakit flu dengan cepat. Tapi ada efek samping bagi penderita gula darah dan wanita hamil. Menurut tes bawang putih memang mampu membunuh virus influenza. Tambahkan bawang putih pada sop ayam, yang juga dipercaya meredakan gejala flu, lalu nikmati saat masih panas.
Bawang Merah
Kandungan dalam bawang merah tak jauh beda dengan bawang putih, yang mengandung kimia antiviral.Rendam potongan bawang merah mentah di madu, biarkan selama semalaman. Gunakan campuran ini seperti sirup obat batuk. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan banyak bawang merah dalam masakan saat sedang terkena flu.
Konsumsi lebih banyak Vitamin C
Tingkatkan mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C. Hal ini akan memberikan dorongan bagi tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan sel darah putih untuk melawan virus flu. Untuk menginkatkan asupan vitamin C, Anda bisa banyak minum jus jeruk, jeruk segar, pepaya atau buah lain yang kaya akan vitamin C.
Cabe rawit
Cabai rawit mengandung Capsaicin yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, sehingga akan lebih cepat mengirimkan nutrisi dan vitamin keseluruh tubuh. Panas dan pedas dari capsaicin juga dapat membantu untuk mengurangi/mengencerkan cairan penyumbat rongga hidung. Namun jika Anda memiliki gangguan lambung atau maag, sebaiknya tak menggunakan cara ini.
Jahe
Ambil tiga potong jahe segar, bersihkan, tumbuk dan dimasukkan kedalam air hangat yang dicampur dengan sesendok madu + sedikit merica bubuk. Jahe diketahui mengandung senyawa antivirus alami yang tentunya akan membantu menyingkirkan virus penyebab influenza atau pilek. Selain itu Jahe juga akan membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mempromosikan pembentukan senyawa antibakteri.
Garam
Garam meja dapat menjadi obat alami saat terkena flu karena cuaca. Air garam sangat efektif mengatasi dahak karena mampu menarik kelebihan cairan dari jaringan yang meradang di tenggorokan. Fungsi lainnya adalah mengencerkan lendir, menghilangkan iritasi seperti alergen, bakteri, dan jamur dari tenggorokan.
Efek dehidrasi dari garam dapat mengeluarkan cairan berlebih yang membuat tenggorokan bengkak sekaligus mematikan kuman. Saat merasa tenggorokan tidak enak atau berdahak, buatlah larutan garam dengan air hangat, dan berkumurlah dengan air garam tersebut sebanyak tiga kali sehari. Rasanya memang tidak terlalu enak, tapi efeknya cepat dan sangat membantu mengobati gejala flu
Lemon dan Madu
Lemon dan madu juga dapat menjadi obat alami untuk mengatasi flu dan pilek. Caranya, ambil segelas air panas dan masukkan irisan lemon dan dua sendok makan madu kemudian minum selagi panas. Sebelum tidur, hisaplah permen mengandung lozenge seperti streptills atau permen woods.
Sup Ayam
Cara tradisional supaya flu cepat sembuh yang menganjurkan seseorang memakan sup ayam ternyata tidak hanya sekedar mitos. Khasiat dari memakan sup ayam adalah  membuat perasaan menjadi nyaman dan mencegah penyebaran neutrofil ke dalam saluran pernapasan. Neutrofil  sendiri merupakan sel darah putih yang dapat menyebabkan peradangan demam. Manfaat sup ayam yang lainnya adalah menghambat produksi lendir, menghangatkan sekitar rongga hidung yg mampu mengurangi gejala dari sakit flu & pilek, melegakan hidung saat bernafas dan menghangatkan suhu tubuh.
Terapi Uap Tradisional
Selain makan sup ayam, penguapan juga menjadi salah satu cara tradisional untuk mengatasi flu dan pilek. Buat ramuan uap Anda sesuai selera. Cukup rebus daun mint, atau rosemary, dan hirup uapnya segera dengan cara masukan ramuan air panas ke dalam baskom, kalungkan handung menutupi kepala Anda, dan tempatkan wajah di atas baskom. Cara lain Anda dapat mandi uap yang juga membantu meringankan sakit kepala dan dada sesak. Untuk cara instan, menghisap permen mint, menghirup minyak kayu putih, jahe atau kunyit dapat meredakan pilek Anda sementara.
Aroma Bawang
Bawang juga dapat berfungsi sebagai katalis dalam mengeluarkan cairan dan membersihkan hidung. Peganglah bawang di bawah lubang hidung dan hiruplah aromanya selama sekitar lima menit. Jika Anda suka, Anda dapat mengkonsumsi bawang putih sebagai obat alami lainnya. Bawang putih kaya antioksidan yang mendukung sistem imun. Sehingga mengkonsumsi bawang putih mentah dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Begitu Anda bersin, segera konsumsi bawang putih mentah yang sudah diiris tipis bersama biskuit tawar. Napas Anda sedikit berbau tajam, tetapi tubuh Anda akan membaik.
Rempah-Rempah Yang Rasanya Hangat
Terakhir anda juga bisa mencoba memakan rempah-rempah yang rasanya hangat seperti, kencur, jahe, kemangi, sreh. Atau bisa juga semua rempah-rempah berikut di satukan dan direbus dengan air secukupnya, lalu minum air rebusannya.
Berkumur
Berkumur bisa menjadi salah satu solusi saat flu menyerang. Mengapa harus berkumur? tujuannya untuk membantu membersihkan mulut agar bakteri jahat penyebab flu tidak masuk ke tenggorokan. CObalah berkumur dengan air hangat yang dicampur dengan garam, cuka apel, kunyit jahe agar hasilnya maksimal.
Tag Search :
obat flu apotik,obat flu apotik,obat flu dari apotik,obat flu dan batuk apotik,obat flu yang dijual di apotik,obat apotik flu tulang,obat flu apotek,obat flu d apotik,obat flu tulang di apotik,obat flu dan batuk di apotik,obat flu paling manjur di apotik obat flu ampuh,obat flu ampuh,obat flu ampuh untuk ibu menyusui,obat flu ampuh untuk anak,obat flu ampuh tradisional,obat flu ampuh dan aman,obat ampuh flu dan batuk,obat ampuh flu singapura,obat ampuh flu batuk,obat ampuh flu tulang,obat pilek ampuh 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *