Dasar tujuan dari hukum newton dan aplikasinya dalam kehidupan manusia sehari-hari

By | Maret 6, 2014

Hukum gerak Newton adalah hukum sains yang ditemukan oleh Isaac Newton mengenai sifat gerak benda. Hukum-hukum ini dasar dari mekanika klasik.

Newton pertama kali mengumumkan hukum ini dalam Philosophiae Naturalis Principia Mathematica (1687) dan menggunakannya untuk membuktikan banyak hasil mengenai gerak objek. Dalam volume ke tiga, dia menunjukan bagaimana, menggabungkan Hukum gravitasi universal, hukum gerak dapat menjelaskan Hukum gerak planet Kepler.

Hukum gerak Newton, bersama dengan hukum gravitasi universal dan teknik matematika kalkulus, memberikan untuk pertama kalinya sebuah kesatuan penjelasan kuantitatif untuk fenomena fisika yang luas seperti: gerak berputar benda, gerak benda dalam cairan; projektil; gerak dalam bidang miring; gerak pendulum; pasang-surut; orbit bulan dan planet. Hukum konservasi momentum, yang Newton kembangkan dari hukum kedua dan ketiganya, adalah hukum konservasi pertama yang ditemukan.

Baca juga

Hukum Newton didasari pada gerak dan mekanika (tergolong fisika klasik). Ada 3 hukum Newton yg selalu ada dalam hidup kita:

  • Hukum kelembamman benda artinya benda yg diam cenderung tetap diam bila tidak diberi gaya, sebaliknya benda yg bergerak cenderung terus bergerak jika tidak ada gaya yg menghambat.
  • F = m.a, Gaya yg ada merupakan hasil perkalian antara massa benda dengan percepatan benda
  • F aksi = F reaksi, F(force/gaya) artinya bila kita memberikan x Newton gaya maka akan ada reaksi yg besarny juga X Newton.

Aplikasinya dalam kehidupan manusia sehari-hari, kita bisa menghitung gaya gesek yang diperlukan oleh mobil agar tidak slip di tanjakan. Selain itu kita bisa menghitung sudut optimal yang diperlukan oleh pelempar cakran dan lempar lembing agar menghasilkan lemparan yang terjauh. selain itu para pengamat orbit satelit dapat menghitung sudut lepas yang diperlukan agar satelit dapat mengorbit dengan sempurna diwilayah orbit dari planet bumi.

Aplikasinya juga dalam penggunaan mobil, rollercoester, dan berbagai hal yg berhubungan dengan gaya dan gerak.

Itulah penjelasan yang sederhana
Semoga Bermangfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *