Cara Mengatasi Anak Susah Tidur Malam Hari

By | Juni 2, 2016
11074728 1089340501080179 1267667405211020219 n - Cara Mengatasi Anak Susah Tidur Malam HariCara mengatasi bayi susah tidur terutama pada saat malam hari beberapa cara dan tipsuntuk cara mengatasi bayi susah tidur malam bisa anda coba :
Pura-puralah Tertidur di Samping Anak
Apabila anak dimalam hari susah untuk tidur dan masih ingin mengajak ngobrol atau bermain, bisa anda praktekkan cara yang ke lima ini yaitu dengan berpura-pura tidur, dengan demikian anak lama kelamaan akan ikut tertidur, cara mengatasi anak susah tidur ini paling sering diterapkan banyak bunda.
Jarak Antara Tempat Tidur Anak Tidak Terlalu Jauh
Jika anda memiliki tempat tidur yang berbeda dengan anak, usahakan jangan terlalu jauh agar ketika anak terbangun anda bisa dengan cepat menidurkannya lagi dengan cara menepuk-nepuk pantat bayi. Entah mengapa tetapi dengan menepuk pantat bayi dapat membuatnya mudah tertidur kembali.
Tempatkan Bayi Diruangan yang Tenang
Bayi akan susah tidur biasanya karena suasana sekitar yang terlalu ramai. Cari tempat yang tenang, aman dan nyaman maka dengan mudah anak anda akan tertidur lelap.
Jauhkan Dari Keramaian / Suaran yang Mengganggu Tidur Anak
Apabila anak tidak bisa tidur akibat suasana rumah atau kamar ramai, maka usahakan agar di jauhkan dari sumber suara keramaian tersebut.
Bermain di Pagi Hari
Bermain merupakan hala yang paling disenangi oleh anak-anak. Untuk itu ajak atau berilah anak Anda mainan yang disuakainya. Tapi tunggu dulu! mengajak Anak bermain juga punya waktunya. Ada baiknya Anda sebagai orang tua Membiarkan anak aktif bermain saat pagi hari baik di rumah atau di luar rumah bersama teman-temannya. Hal ini di sebabkan ketika bermain, tanpa sadar sang anak menghabiskan energinya. Anak yang aktif bermain di pagi hari, biasanya telah lelah ketika malam tiba, hal inilah yang membuat anak memilih untuk segera tidur.
Pastikan Perut Tidak Kosong
1043918 665812983432562 1499840602 n - Cara Mengatasi Anak Susah Tidur Malam HariKetika perut seseorang kosong, pasti orang tersebut akan gelisah. Hal ini jugalah yang dapat menjadi faktor anak anda susah tidur dimalam hari. Untuk itu, selalu pastikan anak Anda sudah makam malam. Ketika perut anak Kenyang biasanya mereka juga menjadi lebih mudah tertidur.
Lingkungan Tidur yang Nyaman
Coba perhatiakan kodisi tempat tidur dan keadaan lingkunga sekitar tempat diamana anak Anda tidur. Sudah bersihkah? sudah nyamankah? Anak tak mungkin bisa tidur jika dia mendengar suara berisik diluar kamarnya. Mereka juga takan bisa tidur jika ruangan kamarnya ada bau yang tak sedap. Untuk itu, anda sebagai orang tua tak ada salahnya bebenah di sore hari.

Membacakan Dongeng Atau Menyanyikan Lagu
Cara Mengatasi Anak Susah Tidur selanjutnya bisa membacakan dongeng. Hal yang seringkali terjadi dan dilakukan seorang ibu untuk menidurkan anaknya adalah dengan cara membacakan buku cerita atau dongeng. Cara ini sudah dilakukan para ibu sejak jaman dulu dan hingga sekarang pun masih banyak yang melakukannya. Dengan mendengar suara seperti orang bercerita maka biasanya anak menjadi cepat ngantuk dan tertidur.
Menidurkan Anak Sambil Jalan-jalan
Ada banyak hal yang dapat menyebabkan anak susah tidur salah satunya karena posisi tidur atau tempat tidur yang kurang nyaman. Anak biasanya lebih nyaman dan mudah tidur ketika digendong sambil jalan-jalan. Hal ini dapat membuat anak tidur lebih cepat dari biasanya.
Jangan Buat Anak Merasa Takut dan Cemas
Cara Mengatasi Anak Susah Tidur yang terakhir yakni dengan membuat sang anak tenang. Untuk menidurkan seorang anak biasanya ibu menakut-nakuti anak. Hal tersebut sangatlah salah karena justru dapat membuat anak merasa takut dan cemas sehingga anak akan lebih sulit untuk diajak tidur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *