Cara Dan Obat Alami Ampuh Mengatasi Biang Keringat Pada Kulit

By | Januari 28, 2016
Cara Mengatasi dan Mengobati Biang Keringat Pada Kulit Dari Bahan Herbal Alami
Biang kerngat biasa juga disebut miliaria biasanya timbul akibat keringat berlebihan yang tidak bisa keluar karena adanya penyumbatan pada saluran kelenjar keringat. Penyumbatan ini disebabkan sel-sel kulit yang mati karena keringat tidak terbuang secara sempurna. Keringat yang tidak bisa keluar tersebut menimbulkan bintik-bintik kecil atau lenting yang berisi air yang disertai timbulnya rasa gatal, pedih, dan kulit jadi kemerahan. Berikut beberapa cara almi dan ampuh untuk mengatasi biang keringat tentunya dengan bahan herbal :
Es batu
Anda bisa memasukkan es batu ke dalam kantong kain, setelah itu menerapkannya langsung ke area kulit yang terkena biang keringat. Dengan menerapkan cara ini selama beberapa menit, biang keringat akan lebih mudah sembuh. Selain itu, Anda juga bisa menerapkan secara langsung es batu ke area ruam dengan cara digosokkan secara perlahan.
Soda kue
Soda kue atau baking soda merupakan salah satu obat rumahan yang harus ada jika Anda ingin menyembuhkan biang keringat. Anda bisa menggunakan soda kue untuk keperluan mandi, sehingga biang keringat dapat dikurangi dengan cepat. Komposisinya sekitar satu atau dua sendok teh baking soda dilarutkan ke dalam air mandi. Selain dapat mengurangi ruam, baking soda juga dapat mengurangi gatal-gatal, sehingga nantinya bayi tidak akan terus menangis karena rasa panas yang timbul.
Oatmeal
Oatmeal merupakan salah satu cara cepat mengobati biang keringat yang sangat efektif. Anda bisa mencampurkan oatmeal sama seperti mencampurkan baking soda pada air untuk mandi.
Goosberry
Cara lainnya yang tidak kalah cepat untuk menyembuhkan biang keringat pada anak ataupun orang dewasa adalah dengan menggunakan gooseberry. Pengolahannya sendiri cukup mudah, dimana Anda hanya perlu memasukkan tanah liat dan air ke dalam wadah, setelah itu campurkan dengan potongan-potongan goosberry untuk menutupi tanah liat tersebut. Tinggalkan semalaman, lalu pada hari berikutnya lakukan mash up dan saring airnya. Selanjutnya tambahkan gula dan madu, lalu minum secara teratur. Secara berangsur-angsur goosberry ini akan menghilangkan biang keringat, sekaligus menghapus panas dan masalah pencernaan yang timbul.
Kulit pohon beringin
Cara cepat mengobati biang keringat yang terakhir adalah dengan menggunakan olahan kulit pohon beringin. Anda bisa menyiapkan kulit pohon beringin kering, lalu giling hingga halus. Gunaan serbuk kulit pohon beringin tersebut untuk diaplikasikan pada area biang keringat mirip seperti menggunakan bedak pada anak. Cara ini dapat menjadi bantuan cepat untuk menghilangkan ruam, panas dan gatal-gatal.
Pada Bayi Potong kukunya
Potonglah kuku bayi secara teratur agar tidak menggaruk jika biang keringat mulai terasa gatal. Anda juga bisa memakaikan bayi anda sarung tangan kecil agar ia tak menggaruk dirinya sendiri. Hal ini untuk mencegah biang keringat menjadi semakin parah dan mencegah iritasi pada kulit bayi anda.

Gunakan Ketumbar
Gunakan ramuan dari bubuk ketumbar dan bubuk cendana masing-masing dua sendok makan. Tambahkan air mawar secukupnya untuk membuat pasta agak kental. Oleskan pasta ini pada biang keringat lalu biarkan hingga kering sebelum anda membilasnya dengan air dingin.
Menggunakan Tepung Jagung
Gunakan ramuan tepung jagung, tepung sereal dan air secukupnya untuk membuat pasta yang encer. Oleskan ramuan ini pada kulit tubuh yang memiliki biang keringat. Biarkan hingga mengering baru dibilas dengan air dingin. Selain dapat mengobati biang keringat, tepung sereal (gram flour) juga berfungsi sebagai pengelupas (exfoliant) kulit wajah jika tepung sereal ini ditambah dengan air dan yogurt
Menggunakan Minyak Jarak
Kelebihan minyak di kulit memang menyebabkan keringat timbul secara kurang terkontrol. Minyak jarak dipercaya dapat mengobati masalah biang keringat yang terjadi pada orang dewasa karena dapat membantu mengontrol minyak berlebih. Dengan mengoleskan minyak jarak ke bagian kulit yang terserang biang keringat, maka biang keringat akan segera sembuh. Cukup gunakan minyak jarak sebanyak setengah dari sendok teh.
Menggunakan Lidah Buaya
Atasi kelebihan keringat dengan merilekskan sel-sel kulit. Keringat yang keluar berlebih pada kulit tubuh juga dapat dikarenakan sel-sel kulit yang menegang. Sehingga mengakibatkan kelenjar minyak memproduksi minyak secara berlebih. Dengan mengoleskan lendir dari tanaman lidah buaya pada bagian biang keringat, maka akan efektif untuk menyembuhkan biang keringat. Cukup gunakan lendir tanaman lidah buaya sesuai banyaknya biang keringat yang ada di kulit tubuh.
Menggunakan Madu
Minasan juga dapat mengatasi kelebihan keringat dengan madu alami. Madu alami adalah madu yang diproduksi secara langsung oleh lebah madu. Tanpa diberi tambahan air ataupun gula. Madu alami dapat menyembuhkan biang keringat, namun tidak perlu digunakan setiap hari. Jika ingin menyembuhkan biang keringat, cukup mengoleskan madu alami ke biang keringat sekitar dua puluh menit baru bilas dengan menggunakan air bersih yang mengalir. Gunakan madu alami sebagai obat biang keringat setiap tiga kali dalam seminggu.
Menggunakan Gandum
Gandum identik sebagai bahan untuk membuat kue atau roti. Namun ternyata diketahui gandum juga termasuk sebagai bahan yang dapat dimanfaatkan sebagai obat biang keringat. Kombinasikan gandum bersama madu dan gula pasir sebanyak satu sendok makan. Ramuan ini dapat menjadi obat tradisional yang efektif untuk menyembuhkan kulit tubuh yang terserang biang keringat. Ada dua cara yang dapat dilakukan ketika memilih gandum sebagai obat tradisional biang keringat. Cara pertama adalah setiap kali mengoleskan kombinasi gandum tersebut, maka sambil digosok agar lebih efektif dalam menyembuhkan. Atau cara kedua adalah mencampurkan kombinasi gandum tersebut ke air di dalam bathup dan gunakan campuran air serta gandum tersebut untum berendam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *