Cara Ampuh Mengatasi Mengobati Sengatan Lebah Tawon Alami

By | Januari 28, 2016
disuntik%2Blebah - Cara Ampuh Mengatasi Mengobati Sengatan Lebah Tawon AlamiMungkin sebagian dari anda pernah tersengat atau digigit lebah atau tawo dan sejenisnya,tentunya rasanya sangat perih bukan ?. Sengatan serangga ini bisa membuat tidak nyaman dan sering membuat stress terutama jika menderita dari beberapa sengatan. Gigitan serangga ataupun sengatan lebah biasanya disertai dengan masuknya racun atau zat lain ke dalam tubuh korban. Racun serangga tersebut dapat menyebabkan rasa nyeri dan terkadang bisa menimbulkan reaksi alergi. 

Cara ampuh mengatasi sengatan lebah tawon dari bahan alami yang mudah di dapatkan :

Hilangkan bekas sengatan sesegera mungkin. 
Berlawanan dengan kepercayaan umum, tidak masalah bagaimana Anda menghilangkannya. Cukup tarik dengan jari-jari Anda Saat pertama kali diserang gigitan serangga, pindahkan korban kedaerah yang aman untuk menghindari jangkauan serangga yang bisa kembali menyerang. Buang serangga atau lebah yang menyengat apabila masih menempel pada kulit. Hal ini untuk mengurangi atau mencegah pelepasan racun dalam jumlah yang lebih banyak.

Kompres Es
Kompres es merupakan salah satu pengobatan rumah terbaik untuk meredakan sengatan lebah. Setelah sengat dicabut, kompreskan es di area yang disengat. Cara kerja kompres es adalah dengan membuat area tersebut mati rasa, sehingga sensasi nyeri akan mereda. Kompres es juga bisa mengurangi terjadinya pembengkakan karena aliran darah menjadi berkurang ke area yang dikompres.Hindari mengompres dengan es lebih dari 20 menit. Beri jeda sekitar 15 menit diantara setiap melakukan kompres es.
Gunakan Batu Badar Besi
Badar besi adalah batu yang mengandung magnet. tempelkan batu badar besi pada bagian yang disengat lebah. biasanya batu itu akan menempel kuat dan kemudian jatuh sendiri. menurut keterangan orang yang biasa menggunakannya, batu itu terasa seperti menghisap racun saat ditempelkan pada bagian yang disengat. 
Pasta Gigi
Pasta gigi merupakan zat alkalin yang bisa menetralkan racun. Di alam, zat alkalin ini bersifat asam.
Beberapa pasta gigi juga mengandung gliserin yang bisa menarik keluar racun dari sengatan lebah.
Pepaya
Setelah sengat dicabut, gosokkan pepaya beberapa kali ke area sengatan. Pepaya mengandung papain, senyawa yang bisa memecah protein racun sengatan. Namun, hindari menggunakan pepaya jika Anda memiliki alergi terhadap lateks. Bila terjadi ruam, segera hentikan penggunaan pepaya dan bilas secara menyeluruh area tersebut.
Baking Soda
Pasta yang terbuat dari baking soda dan air sangat efektif untuk mengobati sengatan lebah. Oleskan pasta baking soda di area sengatan selama 15 sampai 20 menit. Perawatan ini bisa meredakan rasa sakit yang muncul akibat sengatan lebah.
Minyak Atsiri (Essential Oils)
Minyak esensial seperti minyak lavender dan minyak jarak bisa juga dioleskan ke area sengatan untuk mengurangi bengkak dan rasa sakit.
Cuka
Buatlah pasta dari cuka dan baking soda. Oleskan pasta pada daerah yang terkena dan biarkan selama waktu yang diinginkan. Cuka dapat menetralkan racun sengatan lebah. Selain itu, cuka bekerja dengan komponen lain dari pasta untuk meringankan ketidaknyamanan akibat sengatan. 
Bersihkan bagian yang diserang serangga menggunakan sabun atau air.
Kompres daerah yang digigit atau disengat menggunakan es batu untuk mengurangi bengkak, nyeri dan peradangan yang ditimbulkan. 
Menggunakan Pisang Matang
Cara ini terbilang agak konyol dan tidak logis tapi orang-orang di desaku biasa menempelkan pisang matang yang dilumat pada area yang terkena sengatan lebah. Mungkin karena pisang bersifat dingin maka akan menimbulkan rasa nyaman pada area yang tersengat.
Menggunakan Tembakau
Ada yang bilang menggunakan tembakau, mungkin maksudnya melawan racun dengan racun. Cukup siapkan tembakau secukupnya, kemudian basahi dengan air hangat, hal ini bertujuan agar zat pada tembakau cepat keluar. Selanjutnya silahkan tempel pada area tubuh yang tersengat lebah. Walaupun cara ini mirip dengan cara mengatasi gigitan tungau, namun cara ini patut anda coba.
Mentimun
Selain sebagai lalapan, mentimun juga bisa anda manfaatkan untuk mengobati sengatan lebah. Cukup blender potongan mentimun sampai halus kemudian oleskan ke bagian tubuh anda yang tersengat lebah.
Jeruk Nipis
Selain dapat menghilangkan tahi lalat pada baju, anda juga dapat menggunakan jeruk nipis untuk mengobati sengatan lebah. Cukup belah jeruk nipis kemudian tempelkan ke bagian tubuh yang tersengat, biarkan hingga rasa nyeri mereda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *