Cara Ampuh Mencerahkan Mengatasi Kulit Kusam Kering

By | Januari 27, 2016
Kulit kusam dan kering merupakan permasalahan kulit wajah tentunya hal ini sangat mengganggu penampilan khususnya pria dan wanita. Pada kesempatan ini obat sehat akan memaparkan beberapa cara dan tips cara merawat, mengatasi dan mencerahkan  kulit wajah yang kusam tentunya  dengan cara yang alami herbal yang ampuh mengatasi kulit wajah kusam :
Perbanyak mengkonsumsi air putih
Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa air putih sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan organ tubuh kita termasuk dalam merawat kesehatan kulit. Air dapat mencegah dehidrasi dan menjaga kebersihan tubuh. Orang yang banyak mengkonsumsi air putih biasanya akanar dan memiliki kulit wajah yang terlihat segar da sehat. Maka dari itu, usahakan untuk mengkonsumsi air minimal 8 gelas / harinya.
Bersihkan tubuh secara teratur
Usahakan mandi secara teratur misalnya 3 kali dalam satu hari. Lebih bagus lagi jika lebih sering. Jika anda adalah seorang muslim, maka anda sudah tidak akan khawatir dengan masalh ini, karena dalam islam kita diwajibkan untuk melaksanakan ibadah sholat, dalam 1 hari kita diwajibkan melaksanakan sholat sebanyak 5 waktu. Nah, sebelum kita melaksanakan sholat, kita diwajibkan untuk wudhu, yaitu membersihkan diri sebelum sholat. Jadi jika dalam 1 hari kita melaksanakan sholat 5 waktu, maka itu sama artinya dengan kitia sudah membersihkan tubuh kita sebanyak 5 kali dalam sehari.
Pakai lotion pelembab
Pakailah lotion pelembab untuk membantu melembabkan kulit yang semula terlihat kusam. Tapi ingat berhati-hatilah dalam meilikih produk lotion pelembab. Akan lebih bagus jika ada meminta saran dari dokter terleih dahulu, karena keadaan / jenis kulit setiap orang itu berbeda.
Kurangi terlalu malam / begadang
Karena kurang tidur atau sering begadang adalah salah satu penyebab kulit terlihat kering dan kusam, maka hindarilah tidur terlalalu malam jika tidak ada hal yang terlalu penting. Normalnya waktu tidur kita adalah 7-8 jam.
Hindari Stress
Stress juga merupakan salah satu penyebab mengapa kulit anda terlihat kusam dan kering. Maka dari itu hindari hal-hal yang dapat membuat anda menjadi stres. Misalnya dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan. Jangan terlalu sibuk bekerja, luangkan juga waktu untuk refreshing.
Olahraga secara teratur
Luangkan waktu untuk olahraga misalnya setiap hari, atau setiap 1 mnggu 1 kali, karena dengan berolahraga tubuh akan menjadi sehat. Tidak harus melakukan olahraga yang berat tapi cukup hanya dengan melakukan gerakan pemanasan setiap kali bangun tidur, minimal hingga keluar keringat. Atau melakukan jogging atau lari kecil setiap 1 minggu 1 kali.
Lotion pelembab setiap sebelum anda tidur
Lho mengapa harus setiap sebelum tidur? entahlah saya juga kurang tahu, namun ini sudah saya coba dan terbukti ampuh dalam mengatasi kulit kering dan kusam. Saya memakai produk lotion pelembab sarang wallet (bukan promosi). Dan produk ini banyak ditemukan di warung atau apotik.
Dengan menggunakan putih telur
Pakailah masker alami dari putih telur setiap sebelum anda tidur. Caranya gampang, kita hanya perlu memisahkan antara putih dan kuning telur. Kemudian oleskan putih telur ke semua permukaan kulit wajah kita. Kemudian cuci kembali wajah kita setelah bangun keesokan harinya. Lakukan langkah ini secara teratur dan terus menerus, insyaalloh kulit wajah anda akan terlihat lebih segar dan terasa halus.
Dengan menggunakan ES batu
Anda juga dapat menggunakan es batu untuk menghaluskan wajah. Caranya sangat mudah, kita hanya perlu mengosok-gosokan es baru pada wajah kita.
     
Faktor Genetik (Keturunan)
Yang dimaksud dengan faktor genetik yaitu faktor bawaan atau turunan dari kedua orangtuanya. Maksudnya begini, jika ayah atau ibu anda memiliki (maaf) kulit yang kusam atau berminyak, maka ada kemungkinan bahwa anda sebagai anaknyapun akan memiliki jenis kulit wajah yang sama
Menjaga Pola Hidup
Pola hidup yang baik tentu akan berdampak positif terhadap kesehatan, begitupun sebaliknya, pola hidup yang buruk atau tidak teratur maka akan berdampak buruk pula pada kesehatan kita. Misalnya, jarang berolahraga, mandi tidak teratur, tidur tidak teratur dsb.
Menjaga Pola Makan 
Terlalu banyak memakan-makanan yang mengandung banyak lemak seperti, junk food (makanan yang kurang gizi), gorengan, makanan yang mengandung banyak santan dan kurangnya mengkonsumsi asupan atau vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh
Faktor Lingkungan
Jika kita terbiasa berada ditempat-tempat yang kumuh dan tidak sehat maka tidak bisa dipungkiri bahwa debu-debu yang ada dilingkungan tersebut juga dapat menyebabkan kulit kita menjadi tidak sehat, karena debu dapat menempel di kulit yang berminyak, sehingga pori-pori kulit kita akan tersumbat dan menyebabkan jerawat.

Salah emilih produk kosmetik
Nah, kulit kusam juga bisa disebabkan oleh penggunaan kosmetik yang kurang tepat,sehingga tidak cocok untuk kulit kita dan akibatnya kulit kita pun menjadi kusam.
Perhatikan Makanan
Makan-makanlah yang bergizi, seperti sayuran hijau serta buah-buahan yang segar. Makanan bisa mempengaruhi kondisi wajah anda, apalagi sering mengkosumsi makan-makanan yang berlemak serta berminyak, kami sarankan dari sekarang jauhilah.
Bengkoang
Bengkoang dapat memberikan rasa dingin pada kulit. Dan dapat juga digunakan untuk memutihkan wajah secara alami. Zat fenolik yang terkadung dalam bengkoang dapat menghambat pembentukan melanin, sehingga pigmentasi yang disebabkan oleh sinar matahari, bekas jerawat, kulit mati, hormon, dapat dicegah serta menguranginya. Dan juga dapat mencegah radikal bebas, karena adanya vitamin C, saponin, dan kandungan flavonoid.
Konsumsi Cukup Air
Cara merawat kulit wajah kusam secara alamiAir adalah hal esensial yang dibutuhkan manusia. Bahkan, sekitar 70% tubuh manusia adalah air. Wow! Jadi, tentunya Anda bisa mengetahui pentingnya air untuk tubuh Anda, termasuk wajah, agar sistem alami tubuh dapat berjalan dengan baik. Air pun ternyata dapat mempengaruhi wajah dan jika mendapat asupan air yang kurang, dapat menyebabkan kusam pada wajah. Wajah yang kusam bisa disebabkan karena kulit kering dan muncul garis-garis halus pada wajah. Sedangkan air sangat berperan penting sebagai pelembab alami yang dapat mengunci kelembaban kulit wajah dari dalam. Dengan asupan air yang cukup pun, kulit Anda akan terhidrasi dengan baik sehingga menampilkan wajah yang lembab dan kencang. Minumlah air minimal 2 liter atau 8 gelas sehari.
Mendapatkan Tidur yang Cukup
Perawatan wajah kusam secara alami adalah tidur. Tidur sebenarnya merupakan hal yang sangat menyenangkan, bukan? Pikiran dan tubuh Anda bisa beristirahat setelah ditempa pekerjaan dan aktivitas seharian. Tubuh dan pikiran Anda pun akan menjadi rileks dan dapat menyegarkan diri lagi untuk aktivitas di hari berikutnya. Nah, tidur pun menjadi hal yang menyenangkan untuk kulit wajah Anda, karena saat tidur, terjadi proses regenerasi kulit paling besar dalam jangka waktu satu hari. Proses regenerasi sel kulit ini akan mengganti sel-sel kulit yang sudah mati dengan sel kulit baru yang lebih sehat dan cantik. Jadi, jika Anda kekurangan tidur, Anda akan kehilangan kesempatan mengganti sel kulit mati, sehingga pada pagi harinya Anda hanya akan mendapati sel-sel kulit mati yang masih ada pada wajah Anda.
Mendapatkan Asupan Lemak
Jangan senang dulu, yang dimaksud lemak di sini adalah lemak baik, bukan lemak jahat seperti kolestrol yang terdapat di dalam junk food, gorengan, atau beberapa olahan daging sapi. Lemak baik ini maksudnya adalah asam lemak omega, yaitu lemak yang sangat baik dan bermanfaat, namun sayang tidak dapat diproduksi secara alami oleh tubuh. Maka dari itu, Anda perlu mengonsumsinya secara langsung. Lemak baik ini terdapat di dalam ikan salmon, alpukat, kelapa, atau kenari. Kandungan lemak baik ini dapat membantu melembabkan kulit serta rambut Anda, sehingga menjaganya untuk tetap bersinar secara alami.
Lakukan Eksfoliasi
Terakhir, Anda bisa melakukan proses eksfoliasi.  Eksfoliasi adalah sebuah langkah di mana Anda dapat mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah secara manual. Jadi, Anda akan mendapatkan wajah yang lebih sehat dan cantik dengan sel-sel kulit baru setelah melakukan proses eksfoliasi. Hal ini dapat Anda lakukan sendiri di rumah atau di salon. Jika Anda lebih memilih melakukannya di rumah, Anda bisa menggunakan krim eksfoliasi khusus atau pembersih biasa. Anda pun dapat menggunakan handuk atau kain lap yang agak kasar untuk eksfoliasi. Namun jangan terlalu sering melakukannya, karena dapat membuat kulit menjadi kering dan rusak jika berlebihan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *