Cara Alami Ampuh Mengatasi Kulit Terkupas dan Merah Akibat Sinar Matahari

By | Desember 28, 2015
Tentunya banya skali diatara kita yang berusaha sebisa mungkin menghindari paparan sinar matahari yang mengandung sinar ultraviolet secara langsung. Tentu saja tak bisa. Rutinitas kita sehari-hari tentu saja tak pernah luput dari sinar matahari. Apalgi jika anda baru saja pulang dari pantai dan merasa kulit anda menjadi hitam merah dan terbakar akibat sinar matahari. Nah berikut beberapa tips untuk mengembalikan keindahan kulit anda yang hangus terbakar akibat sinar matahari :

Olesi dengan madu
Anda juga dapat mengoleskan madu alami ( tanpa pewarna, tambahan aroma dan rasa), pada kulit yang mengalami peradangan akibat sunburn. Salah satu tanda kulit yang mengalami peradangan adalah kulit menjadi merah seperti kepiting rebus diiringi rasa nyeri. Hal itu menunjjukan sel-sel kulit meradang. Disinilah madu dibutuhkan karena madu berkhasiat menekan peradangan yang terjadi pada kulit.
Kompreslah dengan susu atau yoghurt
Para pakar dermatologi menyatakan bahwa lemak yang terkandung dalam susu dapat melembutkan kulit manusia yang telah kering akibat terbakar matahari. Cara perawatannya, Anda bisa merendam kain atau handuk pada susu cair yang telah di dinginkan di lemari es. Kemudian kompreslah di area kulit yang bermasalah. Lakukan selama 20 menit dan bila masalahnya cukup parah Anda bisa mengulanginya setiap 2 jam sekali. Selain susu, Anda bisa juga mengoleskan yoghurt  alami (yang masih original) yang sudah didinginkan pada area kulit yang terbakar.
Jangan digaruk
Screenshot 2 - Cara Alami Ampuh Mengatasi Kulit Terkupas dan Merah Akibat Sinar MatahariSetelah beberapa hari kulit yang terbakar sinar matahari biasanya mulai mengelupas. Rasanya gatal dan tidak nyaman. Tetapi jangan sekali-sekali menggaruknya, ya. Menggaruk kulit yang sedang mengelupas dapat meningkatkan peradangan pada permukaan kulit dan akhirnya menimbulkan bekas parut yang tidak sedap dipandang.
Jaga kelembapan kulit dengan moisturizer
Karena kulit yang terbakar matahari hingga mengelupas biasanya berubah menjadi kering, jangan sampai lupa untuk mengoleskan lotion di sehabis mandi atau kapanpun saat kulit terasa kering. Tetapi pilihlah lotion dengan bahan alami yang memiliki formula ringan untuk kulit.
Perbanyak minum
Untuk merawat kulit yang terkelupas karena terbakar matahari tidak hanya diperlukan perawatan dari luar. Perawatan dari dalam juga perlu. Cara terbaik adalah rehidrasi tubuh dengan banyak minum. Sepuluh gelas air putih dan jus yang terbuat dari buah-buahan segar akan membantu meningkatkan kesegaran kulit serta membantu mempercepat regenerasi kulit. 
Vitamin
Selain memperbanyak minum, Anda juga perlu mengonsumsi vitamin C dan E untuk penyembuhan. Kedua vitamin ini sangat diperlukan untuk menghentikan kerusakan kulit serta regenerasi sel kulit yang mati.
Jangan dikelupas
Apapun yang terjadi, jangan mengelupas kulit mati di wajah, tangan, atau kaki Anda. Biarkan kulit mati tersebut terkelupas dengan sendirinya. Jika Anda kelupas sendiri, bisa jadi akan timbul luka dan infeksi.
Dinginkan dengan air tawar
Begitu menyadari kalau kulit agan sista memerah karena terbakar matahari, langsung dinginkan dengan air. Agan sista bisa meletakkan handuk basah di permukaan kulit yang terbakar tadi. Jangan digosok-gosok, biarkan saja air di handuk tersebut meresap ke kulit agan sista. Atau agan sistajuga bisa mengoleskan produk perawatan kulit yang memang khusus untuk merawat kulit yang sering terpapar sinar matahari. Biasanya produk seperti ini mengandung bahan yang bersifat mendinginkan kulit seperti aloe vera atau mentimun
Perbanyak minum air putih
Untuk merawat kulit yang terkelupas karena terbakar matahari tidak hanya diperlukan perawatan dari luar. Perawatan dari dalam juga perlu. Cara terbaik adalah rehidrasi tubuh dengan banyak minum. Sepuluh gelas air putih dan jus yang terbuat dari buah-buahan segar akan membantu meningkatkan kesegaran kulit serta membantu mempercepat regenerasi kulit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *